Nissan X-Trail, Mobil SUV Paling Tangguh dan Nyaman

Nissan X-Trail, Mobil SUV Paling Tangguh dan NyamanAaahhh… Sudah lama saya tidak piknik, nih! Pikiran sudah mulai penat terisi dengan beban-beban pekerjaan di kantor setiap hari. Saya mencoba mencari hiburan dengan membuka Instagram dan Facebook, eh yang didapat malah posting-an tentang perdebatan politik yang tak akan ada habisnya. Huh, penat rasanya!

Pucuk dicinta ulam pun tiba, rasa penat yang sudah sampai di ubun-ubun ini akhirnya sedikit teredam saat sebuah pesan WhatsApp masuk ke smartphone saya. Pesan singkat dari kawan lama saya, Dewa, yang kini menetap di Bekasi. Oh ya, saya belum memperkenalkan diri, ya? Nama saya Bayu Putra Pratama, seorang konsultan SEO (search engine optimization) dan juga pencinta petualangan.

NISSAN X-TRAIL

Sebelum saya menjelaskan apa isi WhatsApp Dewa ada baiknya jika saya menceritakan secara singkat tentang diri saya. Saya bekerja di sebuah perusahaan (lebih tepatnya perusahaan saya sendiri alias wirausaha) yang menyediakan jasa SEO dan web developer. Profesi ini saya pilih karena sesuai dengan passion saya di digital marketing. Saya sendiri sangat menyukai hal-hal yang berbau petualangan, hal-hal yang menantang! Sekarang ini saya memiliki tujuan jangka pendek untuk membeli sebuah mobil, mengingat hobi saya yang suka bertualang maka mobil yang saya pilih pun harus sesuai dengan kebutuhan saya. Nah, di situ tantangannya. Saya masih bingung mobil apa yang paling sesuai dengan kebutuhan saya.

Kembali ke topik semula, yuk. Dewa mengirim pesan kepada saya yang isinya adalah ajakan untuk piknik ke BALI! Saya pun langsung menyetujui ajakan tersebut. Namun, seperti biasa dia tidak pernah mau melakukan perjalanan tanpa tantangan yang berarti. Ternyata dia ingin melakukan perjalanan darat dari Jakarta ke Bali melalui jalur darat! Saya pikir dia sudah gila, namun saya ternyata juga gila karena menyetujui ide tersebut. Kami pun berbincang-bincang mengenai tanggal keberangkatan, destinasi wisata dan juga siapa saja yang akan diajak dalam wisata petualangan kali ini.

Tanggal sudah ditentukan, yakni pada 26 Desember 2016 hingga 3 Januari 2017. Kami memang sepakat untuk menghabiskan malam tahun baru di Pulau Dewata. Kami pun mengajak 3 orang kawan kami agar perjalanan semakin seru, yakni Nico, Bokir dan Candra. Kami pun membagi tugas agar persiapan menjadi lebih mudah dan tidak terlalu membebani diri kami.

Saya kebagian membawa camilan dan makanan ringan yang akan menemani perjalanan kami. Yah, saya pun mengeluarkan budget sekitar Rp 250 ribu untuk menyediakan camilan dan makanan ringan. Dewa tidak menyediakan apa-apa karena mobilnya yang akan kami gunakan. Omong-omong, Dewa belum lama ini membeli mobil baru, yakni Nissan X-Trail, mobil SUV paling tangguh dan nyaman. Tak bisa dipungkiri memang, mobil ini memiliki desain yang luar biasa keren. Tapi, saya masih belum yakin kalau mobil ini mampu mengantar kami ke Bali dengan mulus.

Yuk, tengok sejenak mobil Nissan X-Trail yang akan kami tunggangi hingga ke Bali ini!

Mobil SUV canggih keluaran Nissan ini baru saja dibeli oleh Dewa beberapa bulan lalu. Saat saya melihat ke bagian dalam mobil saya dibuat terkagum-kagum dengan interiornya yang sangat keren. Dilengkapi dengan 3 kabin yang cukup luas untuk menampung hingga maksimal 8 orang. Apalagi perjalanan kali ini kami hanya berlima yang berarti akan terdapat banyak ruang gerak di dalam mobil ini.

Seperti halnya mobil SUV, mobil ini memiliki lekuk body yang terkesan garang dan sporty. Dilengkapi dengan ban serta velg yang gagah membuat mobil ini terlihat semakin gahar. Oh ya, satu lagi fitur yang membuat saya melongo kagum, yakni fitur hands free backdoor system. Dengan begini maka kamu bisa membuka bagian belakang mobil atau bagian bagasi dengan mudah karena hanya dengan menekan tombol! Jujur saja, perasaan ragu saya terhadap kemampuan mobil ini sedikit berkurang. Namun, saya harus tetap menjajal performa mobil ini sebelum mengatakan bahwa mobil ini benar-benar tangguh.

Perjalanan jauh melalui trek yang menanjak dan berkelok sepertinya bukanlah kendala besar untuk mobil yang satu ini. Pasalnya, mobil ini sudah memiliki fitur Hill Start Assist yang akan bekerja dengan baik di tanjakan. Fitur ini bekerja dengan cara mengerem secara otomatis beberapa detik sebelum pengemudi melakukan perpindahan gigi. Jadi, berkendara dengan Nissan X-Trail terbilang sangat aman dan nyaman saat melintasi jalan menanjak.

Transmisi dengan 6 kecepatan yang dimilikinya pun tak bisa dipandang sebelah mata. Dengan tipe transmisi manual 6 kecepatan, kita bisa mengemudikan mobil ini dengan lebih leluasa dan tentunya tenaga yang dihasilkan akan sangat besar. Untuk kapasitas mesin sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yakni 2.5L dan 2.0L, yang dimiliki Dewa sendiri berkapasitas 2.0L dan terbilang sudah amat sangat mencukupi kebutuhan mengemudi di jalanan setiap hari. Tak terbayang bagaimana kemampuan Nissan X-Trail yang memiliki kapasitas 2.5L!

Tak ketinggalan pula fitur mobil canggih terbaru lainnya, yakni xtronic CVT yang tersemat di dalam mobil ini. Fitur ini akan sangat membantu dalam menghilangkan rasio fixed gear dan juga sangat membantu dalam kebutuhan gear hunting. Fitur berikutnya yang tak kalah keren adalah kamera yang terpasang di empat sisi mobil untuk membantu kemudahan dalam melakukan parkir. Dengan fitur ini tak akan ada lagi masalah terjebak di tengah tempat parkir yang sedang padat. Pokoknya, fitur yang dimiliki Nissan X-Trail sangatlah lengkap dan canggih!

Nissan X-Trail Power Backdoor

Road Trip Jawa Bali!

Sampai juga di hari yang sudah ditentukan. Kami berangkat dari Jakarta sekitar pukul 7 pagi. Kami pun mengisi bahan bakar sebanyak Rp 250 ribu untuk perjalanan sampai ke daerah Jawa Tengah. Sekarang perjalanan ke arah timur Jakarta menjadi lebih mudah sejak adanya jalan tol Jakarta-Brebes. Memang, biaya untuk menggunakan jalan tol ini terbilang cukup tinggi, yakni Rp 150 ribu. Tak apalah, yang penting kami bisa menghemat waktu dan bisa segera sampai ke Pulau Dewata.

Perjalanan terasa sangat menyenangkan. Kami berbagi cerita setelah sekian lama tak bersua. Dewa yang kini menjadi importir, Bokir yang menjadi guru les privat drum, Nico yang mendirikan usaha warung bakso dan juga Alfian yang menjadi trader saham. Gelak tawa dan canda pun terlontar dari mulut kami, saling bersahutan seakan tak ada beban yang menindih pundak kami.

Tak terasa kami sampai di ujung tol Jakarta Brebes atau yang dikenal sebagai Brexit, Brebes Exit. Setelah sampai di Kota Brebes kami pun membeli makanan khas dari kota ini, apalagi kalau bukan telur asin. Dua keranjang telur asin kami beli untuk menemani perjalanan kami yang panjang ini. Selang beberapa jam kami sampai di Kota Atlas, Semarang. Ibukota dari Jawa Tengah ini menyajikan pesona kota tua yang sangat menarik. Banyaknya bangunan tua membuat Kota Semarang semakin tampak eksotis. Di kota ini pula kami beristirahat selama beberapa jam karena tubuh yang mulai pegal setelah duduk berjam-jam di dalam mobil.

Nissan X-Trail

Perjalanan kami lanjutkan setelah beristirahat selama kurang lebih 2 jam di daerah Kota Lama Semarang. Kami pun bertolak menuju ke arah timur melewati Demak, Kudus dan Pati. Saat di Kota Pati perut kami mulai terasa memberontak. Rasa lapar datang dan nasi gandul pun jadi incaran. Kami pun mampir ke sebuah warung nasi gandul yang ada di pinggir jalan. Jika ada yang belum tahu apa itu nasi gandul maka saya akan jelaskan secara singkat. Nasi gandul adalah nasi yang disajikan dengan potongan daging sapi dan juga jeroan sapi kemudian disiram dengan kuah yang rasanya sangat lezat. Jika mampir ke Pati, jangan lupa untuk menikmati lezatnya nasi gandul, ya!

Perjalanan dilanjutkan dengan melaju melewati Batangan, Rembang, Lasem, Tuban, Gresik hingga Surabaya. Sampai juga di Kota Pahlawan dan di kota ini pula kami beristirahat dengan menumpang di sebuah masjid yang letaknya tak jauh dari pusat kota. Meski masjid yang kami singgahi ini tak terlalu besar namun kebersihannya sangat terjaga. Kami beristirahat cukup lama di masjid ini karena memang kondisi tubuh yang cukup lelah. Dewa dan Bokir tertidur di halaman masjid hingga 3 jam! Saya, Nico dan Alfian berbincang-bincang di samping jasad kedua kawan kami yang sedang tertidur ini, hihihi

Perjalanan dilanjutkan dengan menapaki kota-kota Jawa Timur, seperti Sidoarjo, Pasuruan, Probolinggo, Situbondo hingga Banyuwangi. Akhirnya kami sampai di ujung timur Pulau Jawa. Di sini kami tak langsung menyeberang ke Pulau Bali, namun kami menikmati dulu keindahan dari Banyuwangi. Landscape Banyuwangi yang indah tak luput dari jepretan kamera yang kami bawa. Sungguh, kota ini memiliki potensi wisata yang sangat besar dan juga belum terlalu terkenal di mata para wisatawan.

Nissan Xtrail Interior

Puas berkeliling Banyuwangi akhirnya kami memutuskan untuk meninggalkan Pulau Jawa dan segera menapaki Pulau Bali. Untuk menyeberang ke Bali kami harus menuju ke Pelabuhan Ketapang untuk naik kapal ferry. Biaya untuk menyeberang sendiri Rp 150 ribu per mobil. Penumpang tidak dihitung, alias cuma-cuma. Siapkan juga SIM dan STNK karena kedua surat ini akan diperiksa saat kita akan menyeberang ke Bali.

Akhirnya kami pun menyeberang menggunakan kapal ferry. Jangan lupa untuk mengganti jam menjadi jam WITA agar tidak bingung dengan jam yang ada di Bali. Akhirnya, kami menapakkan kaki di Tanah Bali. Tujuan kami cukup banyak dan sudah tersusun rapi. Beberapa destinasi yang kami kunjungi antara lain Tanah Lot, Pantai Pandawa, Pantai Sanur, Pantai Kuta, GWK, Kintamani, Gianyar, Legian, Bedugul, dan masih banyak lainnya.

Kami pun menghabiskan waktu liburan di Pulau Dewata dengan hati yang bahagia. Nah, saat berada di hotel saya pun banyak berbincang dengan Dewa. Saya bercerita padanya bahwa saya sedang ingin membeli mobil namun masih kebingungan dengan mobil apa yang akan saya beli. Dewa pun dengan tegas menyarankan pada saya untuk membeli Nissan X-Trail, sama seperti mobil yang kami naiki dari Jakarta hingga Bali ini. Dia pun menjelaskan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh mobil ini, terlebih harganya yang sangat cocok dengan budget yang saya siapkan. Keyakinan saya semakin mantap karena saya sendiri menjadi saksi ketangguhan dari mobil ini yang mampu melewati segala medan dari Jakarta hingga Bali. Ketangguan dari mobil ini benar-benar tak bisa diragukan lagi!

Selesai liburan dari Bali kami pun kembali ke tempat tinggal masing-masing. Setelah sampai di Jakarta, hal pertama yang saya cari adalah dealer Nissan. Ternyata dealer mobil Nissan sendiri lokasinya sangat dekat dengan tempat tinggal saya. Setelah mendapatkan penjelasan resmi dari pihak dealer akhirnya saya pun memutuskan untuk meminang mobil SUV ini. Nah, sekarang mobil ini sudah berdiam di garasi rumah saya dan siap untuk saya gunakan menjelajah bumi Indonesia. Dengan mantap saya berani katakan bahwa Nissan X-Trail, Mobil SUV Paling Tangguh dan Nyaman!